Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dasar Broadcasting dengan Model Project Based Learning pada Peserta Didik SMK

Authors

  • Khoiriyatul Arofah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rusijono Rusijono Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7226

Abstract

Peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal, dimana peserta didik saat ini dituntut untuk lebih aktif mengacu pada kebijakan dalam kurikulum merdeka yang sedang diterapkan di Indonesia. Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dasar broadcasting pada peserta didik tingkat sekolah menengah kejuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji annova dua jalur. Penelitian dilakukan di SMK Mutu Pandaan dengan melibatkan 140 siswa yang dibagai menjadi kelompok eksperimen (pembelajaran dengan model PjBL) dan kelompok kontrol (pembelajaran seperti biasa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai probabilitas (p-value) dari uji ANOVA dua jalur sebesar 0.000, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan (p < 0.05) dari penerapan model PjBL terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. Data observasi juga menunjukkan peningkatan interaksi, partisipasi aktif, serta kerja sama yang lebih baik dalam kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Disimpulkan model project based learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran dasar broadcasting jurusan Teknik komputer dan jaringan kelas XI di SMK Mutu Pandaan.

Published

2025-03-03

How to Cite

Arofah, K., Rusijono, R., & Kristanto , A. . (2025). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dasar Broadcasting dengan Model Project Based Learning pada Peserta Didik SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2687-2694. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7226