Developing Leadership Skills in Administrative Staff Through Professional Development Program at School Pelita Harapan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.723Abstract
Sebuah sekolah tidak dapat berfungsi hanya dengan guru, tapi juga memerlukan karyawan administrasi untuk mendukung kegiatan operasionalnya dan menjaga kelanjutannya. Selama ini, Sekolah Pelita Harapan (SPH) dipandang belum memberikan perhatian yang setara untuk pertumbuhan karyawan administrasi dibandingkan untuk guru. Hal ini terlihat dalam persiapan program professional development (PD) karyawan administrasi yang belum memadai. Menurut para pemimpin sekolah, karyawan administrasi masih perlu bertumbuh dalam keterampilannya terutama keterampilan kepemimpinan agar dapat menjalankan perannya dengan baik. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menentukan area keterampilan kepemimpinan yang perlu dikembangkan karyawan administrasi, tipe program PD yang dapat mendukung pertumbuhan keterampilan tersebut, dan mengevaluasi apakah PD efektif membantu menumbuhkan keterampilan tersebut. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi evaluasi, khususnya CSE-UCLA. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa keterampilan yang dibutuhkan termasuk komunikasi, pelayanan prima, pembuatan keputusan, pengambilan inisiatif, kerjasama tim, manajemen pribadi, dan berbagai keahlian teknis lainnya berdasarkan area kerja. Dengan program PD yang melibatkan kegiatan praktik langsung sebagai bentuk yang baik dan membantu pengembangan keterampilan kepemimpinan pada karyawan administratif. Namun, program tindak lanjut yang lebih baik harus dikembangkan agar PD dapat semakin efektif.