Penggunaan Puzzle terhadap Membaca Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7246Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik sekolah dasar. Puzzle sebagai media pembelajaran dapat memberikan stimulasi visual dan kognitif yang dapat membantu anak dalam mengenal huruf, kata, dan kalimat dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas satu sekolah dasar yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan puzzle dalam pembelajaran membaca dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan puzzle dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik secara signifikan. Puzzle membantu anak untuk lebih fokus dan aktif dalam belajar membaca, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap hubungan antara huruf dan suara. Kesimpulannya, puzzle dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar.