Penggunaan Teknik Modeling Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Toilet Training pada Anak dengan Spektrum Autisme

Authors

  • Adilah Nahda Ilmiah Universitas Airlangga, Indonesia
  • Ika Yuniar Cahyanti Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7251

Abstract

Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah kondisi perkembangan saraf yang ditandai dengan kendala dalam komunikasi sosial, minat yang terbatas, dan perilaku repetitif. Karakteristik ini menyebabkan kesulitan dalam menguasai keterampilan bantu diri dasar termasuk dalam kemampuan toilet trainning. Anak dengan ASD mengalami kesulitan dalam memahami instruksi, memiliki sensitivitas sensori, dan kesulitan membangun rutinitas, sehingga toilet training menjadi tantangan signifikan bagi anak maupun pengasuhnya. Penelitian ini mengkaji penggunaan teknik modeling dengan kartu bergambar untuk mengatasi kendala bantu diri dan meningkatkan kemampuan toilet training pada individu laki-laki berusia 6 tahun yang didiagnosis ASD. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara pengasuh, observasi dan tes psikologi (CARS, CBCL, dan VSMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan terapi modeling menggunakan media visual berupa kartu bergambar dan penguatan perilaku yang konsisten dapat meningkatkan kemampuan partisipan dalam memahami dan melakukan langkah-langkah toilet training. Keberhasilan terapi modeling dengan kartu bergambar juga dipengaruhi oleh dukungan orangtua yang konsisten.

Published

2025-03-03

How to Cite

Ilmiah, A. N. ., & Cahyanti, I. Y. . (2025). Penggunaan Teknik Modeling Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Toilet Training pada Anak dengan Spektrum Autisme. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2734-2741. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7251