Model Pembelajaran AIR dalam Meningkatkan Crithical Thingking Siswa Kelas V MI pada Mata Pelajaran IPAS

Authors

  • Septiana Ulfah Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Tri Sutrisno Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengeksplorasi lebih dalam lagi tentang bagaimana perencanaan¸ penerapan¸ hasil dan bahkan faktor yang mendukung keberhasilan penerapan model pembelajaran AIR sehingga dapat meningkatkan crithical thingking pada siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di MI Darul akhlaq. Penelitian ini di lakukan di MI Darul akhlaq pamekasan pada kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif. Tekhnik pengumpulan datanya menggunakan observasi¸ wawancara dan dkumentasi. Analisis data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu meliputi beberapa tahap diantaranya reduksi data¸ penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan tekhnik. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tahap perencanaan guru membuat modul ajar dan menyiapkan topik pembahasan untuk mendukung jalannya penerpan model pembeajaran sedangkan pada penerapan model pembelajaran AIR pada pembelajaran IPAS terdapat kegiatan pendahuluan inti dan penutup yang di dalamnya terdiri dari 3 tahap yaitu Auditory (siswa mendengarkan penjelasan guru) Intellectually (siswa berdiskusi) dan Repetition (siswa di berikan tugas). sedangkan pada bagian hasil guru menentukan peningkatan dari kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan mdel pembelajaran AIR yaitu dengan hasil belajar dan analisis indikatornya. Terakhir faktor pendukung keberhasilan model pemebalajaran AIR dalam meningkatakn crithical thingking ada 2 yaitu faktr internal dan faktor eksternal.

Published

2025-03-03

How to Cite

Ulfah, S. ., & Sutrisno, T. . (2025). Model Pembelajaran AIR dalam Meningkatkan Crithical Thingking Siswa Kelas V MI pada Mata Pelajaran IPAS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2767-2775. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7254