Penerapan Kurikulum Merdeka dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Kertapati

Authors

  • Ria Natalia Damayanti Sarumpaet Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Tri Widayatsih Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Melia Rosani Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7259

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa (1) Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Kertapati; (2) Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Kertapati. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Kertapati dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 guru Sekolah Dasar Negeri di wilayah I Kecamatan Kertapati. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruks, sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbach‘s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Multikolienaritas, serta data di analisis menggunakan teknik regresi linear berganda, korelasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kurikulum merdeka berpengaruh terhadap Kinerja guru SD Negeri Se Kecamatan Kertapati, (2) Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Kinerja guru SD Negeri Se Kecamatan Kertapati.

Published

2025-02-05

How to Cite

Sarumpaet, R. N. D. ., Widayatsih, T. ., & Rosani, M. . (2025). Penerapan Kurikulum Merdeka dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Kertapati . JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1698-1704. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7259