Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Interpersonal, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Layanan Administrasi Perkantoran Kantor Pemerintah Daerah

Authors

  • Almara Siska Dita Risty Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Agung Winarno Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7263

Abstract

Kualitas layanan administrasi publik merupakan komponen penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, komunikasi interpersonal, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas layanan administrasi di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal, melibatkan 241 responden yang dipilih secara stratified random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, komunikasi interpersonal, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan. Kepemimpinan yang efektif, komunikasi yang terbuka dan empatik, serta pemanfaatan teknologi yang optimal terbukti meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kepuasan masyarakat. Namun, terdapat tantangan dalam pemerataan pemanfaatan teknologi dan pengembangan keterampilan kepemimpinan serta komunikasi. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan kepemimpinan dan komunikasi, serta penguatan infrastruktur teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi.

Published

2025-03-03

How to Cite

Risty, A. S. D. ., & Winarno, A. . (2025). Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Interpersonal, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kualitas Layanan Administrasi Perkantoran Kantor Pemerintah Daerah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2757-2762. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7263