Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman di SMA XYZ Yogyakarta

Authors

  • Ni Putu Hindriani Christianingsih Goethe Institut, Indonesia
  • Hananto Hananto Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7267

Abstract

Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan serta informasi teknologi semakin memperngaruhi semua aspek kehidupan, terutama pendidikan. Dengan banyaknya aplikasi pembelajaran yang bermunculan, diharapkan mempermudah proses belajar mengajar. Aplikasi pembelajaran yang dipakai dalam penelitian ini adalah Padlet, karena banyak siswa belum familiar dengan aplikasi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Padlet berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan kemampuan menulis siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelompok penelitian, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Padlet dalam pembelajaran Bahasa Jerman di SMA XYZ Yogyakarta belum signifikan untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menulis siswa. Meski hasilnya belum signifikan secara statistik, efektivitasnya dapat ditingkatkan melalui strategi interaktif dan bahan ajar yang relevan, serta metode pengajaran yang lebih terarah.

Published

2025-03-03

How to Cite

Christianingsih, N. P. H., & Hananto, H. (2025). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Padlet terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Menulis Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Bahasa Jerman di SMA XYZ Yogyakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2763-2766. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7267