Pengembangan E-LKPD Materi Reaksi Redoks Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Fase E SMK
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7273Abstract
Penerapan kurikulum merdeka pada pendidikan Indonesia adalah sebagai upaya pemulihan dengan salah satu aspek yang ditekankan ialah digitalisasi sekolah dengan platform penunjang pembelajaran yang dapat menyederhanakan dan mengefisiensi pembelajaran. Bahan pembelajaran menjadi salah salah satu standar sarana dalam pendidikan. Namun, guru di SMTI Padang belum menyediakan bahan ajar yang mendukung digitalisasi ini. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi, terutama materi reaksi redoks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis PBL pada materi reaksi redoks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan yang digunakan model 4-D yang dibatasi sampai tahap develop. Media yang dikembangkan diuji validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan Aiken’s V dengan nilai rata-rata uji validasi 0,86 yang tergolong dalam kategori valid serta kepraktisan e-LKPD berdasarkan angket praktikalitas respon guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 92,70% dan 94,16% dengan kategori sangat praktis.