Analisis Hasil Belajar Siswa melalui Implementasi Quizizz di SMPN 5 Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7275Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa melalui implementasi media Quizizz dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 5 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII F. Sebelum penggunaan Quizizz, siswa mengikuti pretest dengan nilai rata rata 57, kemudian setelah pembelajaran menggunakan Quizizz, nilai posttest meningkat menjadi 81. Dengan demikian, terjadi peningkatan sebesar 24 poin atau sekitar 42,1%. Selain itu, fitur interaktif Quizizz seperti leaderboard dan gamifikasi menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan kompetitif, yang mendorong keterlibatan aktif siswa. Kendala utama meliputi keterbatasan akses internet dan perangkat teknologi, yang diatasi melalui pelatihan, penggunaan laboratorium komputer, dan peningkatan infrastruktur. Secara keseluruhan, Quizizz merupakan media pembelajaran yang efektif dalam mendukung pembelajaran modern berbasis teknologi.