Validitas dan Praktikalitas e-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Struktur Atom untuk Fase E

Authors

  • Fiyona Mariza Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syamsi Aini Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis problem based learning pada materi struktur atom untuk fase E SMTI Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri atas empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dibatasi sampai develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan adalah angket wawancara guru, angket observasi peserta didik, angket validitas, dan angket praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 6 orang validator, diantaranya 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru DDTKI SMTI Padang. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh 3 orang guru DDTKI dan 30 orang peserta didik fase E SMTI Padang. Pada e-LKPD yang dikembangkan diperoleh hasil validitas dengan rata-rata per TP harian secara berurutan adalah 0,89; 0,89; 0,88; dan 0,87 yang termasuk kategori valid. Hasil uji praktikalitas dari guru dengan rata-rata per TP harian adalah 92% serta uji praktikalitas dari peserta didik dengan rata-rata per TP harian adalah 89% yang termasuk kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil dari uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis problem based learning pada materi struktur atom untuk fase E SMTI Padang valid dan sangat praktis.

Published

2025-03-03

How to Cite

Mariza, F., & Aini, S. . (2025). Validitas dan Praktikalitas e-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Struktur Atom untuk Fase E. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2813-2818. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7276