Implementasi Metode Bercerita dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini pada Pengenalan Huruf Hijaiyah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7284Abstract
Pengenalan huruf hijaiyah adalah hal yang sangat essensial bagi seorang muslim, terlebih diusia dini, penting untuk mempelajari dan menguasainya. Meskipun hal tersebut adalah hal yang dasar, pada kenyataannya banyak kita dapati anak-anak yang mesih kesulitan dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah dengan baik. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah kurangnya minat anak untuk mempelajari huruf-huruf hijaiyah di lembaga pendidikan. Maka upaya untuk menanggulangi hal tersebut adalah suatu metode pembelajaran yang dapat mempermudah pemahaman anak dan menyenangkan bagi anak-anak dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan metode bercerita, bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bercerita pada pengenalan huruf-huruf hijaiyah dan efektivitasnya dalam menumbuhkan minat belajar pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa obeservasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam kegiatan bercerita menunjukkan peningkatan minat belajar dan pemahaman yang lebih baik terhadap huruf-huruf hijaiyah. Kebaruan dari penelitian ini adalah implementasi metode bercerita pada pengenalan huruf-huruf hijaiyah, yang belum ditemukan judul yang semisal secara utuh sebagai kesatuan dan belum pernah dilakukan di Tadika Mysarah, Kedah, Malaysia.