Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Stevi Indrayani Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Luhur Wicaksono Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Husni Syahrudin Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7290

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di SD Cahaya Mentari Pontianak berkontribusi terhadap peningkatan kinerja mengajar guru di SD Cahaya Mentari Pontianak, sesuai dengan topik penelitian yang telah disebutkan di atas. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari informasi, dokumen, dan tempat serta tindakan dari kegiatan kepemimpinan kepala sekolah. Teknik pengambilan data berupa wawancara terstruktur, catatan, dan dokumentasi. Triangulasi metode dan sumber digunakan untuk menilai keabsahan data. Teknik analisis data berupa teknik analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian sebanyak 4 orang partisipan. Kepala sekolah 1 orang perempuan usia 36 tahun, guru/waka humas 1 orang perempuan usia 30 tahun, guru agama 1 orang perempuan usia 32 tahun, operator sekolah/guru 1 orang laki-laki usia 29 tahun. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung, dan beberapa dokumentasi. Temuan utama dari penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Cahaya Mentari Pontianak diterapkan dengan baik. Dapat dilihat dari penerapan komunikasi efektif dan peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja mengajar guru di sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) kepala sekolah menerapkan komunikasi efektif dalam meningkatkan kinerja mengajar guru menunjukkan hasil yang baik. 2) peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja mengajar guru meningkatkan keterlibatan, semangat kerja guru, dsb. 3) faktor pendukung kepemimpinan adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis, dsb. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan dalam infrastruktur.

Published

2025-03-03

How to Cite

Indrayani, S. ., Wicaksono, L. ., & Syahrudin, H. . (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2856-2861. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7290