Peran Shadow Teacher dalam Mendampingi Siswa Inklusi di Sekolah Dasar

Authors

  • Nusaibatush Sholihah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Istikomah Istikomah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7291

Abstract

Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk pendidikan dan distribusi sekolah inklusif untuk memberikan kesempatan bagi anak berkebutuhan khusus. Sekolah inklusif berbeda dengan sekolah umum dalam hal bagaimana mereka memberikan bimbingan dan layanan pendidikan terbaik kepada siswa mereka, dan mereka juga harus menyediakan tenaga kerja yang mampu memenuhi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan shadow teacher dalam memberikan bimbingan belajar kepada siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bangil. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian adalah shadow teacher memegang peran strategis dalam mendampingi anak inklusi melalui pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Dengan demikian, pendampingan yang diberikan oleh shadow teacher memungkinkan siswa inklusi untuk mengatasi hambatan belajar dan mengoptimalkan potensi mereka secara maksimal.

Published

2025-03-03

How to Cite

Sholihah, N. ., & Istikomah, I. (2025). Peran Shadow Teacher dalam Mendampingi Siswa Inklusi di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2848-2855. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7291