Efektivitas Media Balok Bahasa dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7294Abstract
Keterampilan menyimak merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, namun masih menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar. Kurangnya variasi media pembelajaran menyebabkan rendahnya minat dan kemampuan menyimak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media balok bahasa dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas VI UPT SD Negeri 4 Passeno dengan melibatkan 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa soal pilihan ganda, isian, dan uraian sebelum dan sesudah penggunaan media balok bahasa, pengisian angket, observasi selama proses pembelajaran, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-experimental design type one group pretest-posttest yaitu pengumpulan data awal, pelaksanaan perlakuan, pengumpulan data setelah perlakuan, analisis kualitas pembelajaran, analisis perbedaan, dan interpretasi hasil. Hasil penelitian mennunjukkan bahwa penggunaan media balok bahasa efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas VI UPT SD Negeri 4 Passeno. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat peningkatan rata-rata nilai menyimak siswa dari 61,35 pada tes awal menjadi 76,30 pada tes akhir. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran meningkat dari 35% pada tes awal menjadi 70% pada tes akhir. Uji statistik menunjukkan hasil signifikan dengan nilai 0,000 (p < 0,05) yang menegaskan bahwa perlakuan menggunakan media balok bahasa memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa.