Respon Respon Siswa MA Islamiyah Tanggulangin terhadap Penggunaan Media Tobur dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7304Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa MA Islamiyah Tanggulangin terhadap penggunaan media Thobur dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Media Thobur adalah metode pembelajaran berbasis permainan yang di desain untuk meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap kosakata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media Thobur, karena metode ini dianggap lebih interaktif, menarik, dan membantu meningkatkan keterampilan berbahasa Arab mereka. Selain itu, media ini juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempererat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media Thobur dapat dijadikan sebagai alternatif dalam menciptakan efektifitas pembelajaran kosa kata bahasa Arab di tingkat madrasah aliyah.