Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Nur Hidayah PGSD FKIP Universita Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Tego Prasetyo PGSD FKIP Universita Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.732

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat efektifitas pengembangan media game edukasi tematik berbasis web wordwall berpadukan classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4. Pada penelitian ini berfokus pada tema 3 subtema 1 pembelajaran 5 kelas 4. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dan dipadukan dengan model ASSURE. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan game edukasi yang terdiri dari materi, penugasan dan game berbasis wordwall yang terdapat dalam satu apliksi classroom. (2) Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi memperoleh kelayakan 68% sehingga masuk dalam kategori layak untuk digunakan. Dari uji valisasi desain memperoleh 76% dengan kategori Tinggi dan uji validasi media memperoleh 53% dengan kategori cukup. Dari hasil presentase ketiga pakar dapat disimpulkan bahwa media game edukais tematik berbasis web wordwal berpadukan classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD, “Layak” untuk digunakan, setelah melalukan perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan oleh pakar. Dari uji terbatas oleh 10 siswa kelas 4, memperoleh  84%  dari siswa dan 90% diperoleh dari responden guru kelas, sehingga dapat dikatakan efektif dengan kategori sangat tinggi.

Published

2022-07-15

How to Cite

Hidayah, S. N., & Prasetyo, T. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2632-2635. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.732