Pengembangan E-Modul Penataan Sanggul Teknik Sirip pada Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta

Authors

  • Tri Helpy Purmadani Program Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Jenny Sista Siregar Program Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Agus Dudung R Program Pascasarjana Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.734

Abstract

Pengembangan dalam dunia pendidikan penting untuk dilakukan guna mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dimana media elektronik sudah merambah ke berbagai aspek, salah satunya adalah kompresi buku konvensional kedalam buku elektronik atau e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan e-modul penataan sanggul teknik sirip pada mahasiswa tata rias Universitas Negeri Jakarta. Peneliti menggunakan pendekatan ADDIE dalam penyusunan e-modul dibantu dengan data kuantitatif dari kuesioner/angket dan data kualitatif dari saran dan kritik ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil uji oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata 3,67 hasil ini menyatakan bahwa E-Modul Penataan Sanggul Teknik Sirip yang dibuat dari segi aspek desain, aspek pemilihan media pembelajaran, aspek tipografi dan aspek ilustrasi sudah baik. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata 3,64 hasil ini menyatakan bahwa E-Modul Penataan Sanggul Teknik Sirip yang dibuat dari segi aspek kesesuaian dan aspek kelengkapan, aspek kemudahan, aspek kejelasan sudah baik. Sehingga dapat diartikan bahwa e-modul penggunaan teknik sirip pada sanggul untuk mahasiswa tata rias Universitas Negeri Jakarta sudah layak untuk digunakan.

Published

2022-07-15

How to Cite

Purmadani, T. H., Siregar, J. S., & R, A. D. (2022). Pengembangan E-Modul Penataan Sanggul Teknik Sirip pada Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Jakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2640-2645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.734