Analisis Gaya Mengajar Calon Guru Vokasional Jurusan Konstruksi Bangunan pada Praktik Keterampilan Mengajar

Authors

  • Afriyo Hary Nugroho Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Santoso Sri Handoyo Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variasi gaya mengajar yang diterapkan oleh calon guru vokasional Jurusan Konstruksi Bangunan selama Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Guru vokasional diharapkan memiliki keterampilan yang sesuai guna meningkatkan hasil belajar siswa serta memenuhi kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian terdiri dari 48 mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas calon guru vokasional menerapkan gaya mengajar ahli (Expert) dengan persentase sebesar 35,42%. Selanjutnya, gaya mengajar otoritas (Formal Authority) digunakan oleh 27,08%, diikuti gaya model pribadi (Personal Model) sebesar 18,75%. Sementara itu, gaya fasilitator (Facilitator) diterapkan oleh 14,58% dan gaya delegator memiliki persentase paling rendah, yakni 4,17%. Temuan ini menunjukkan bahwa calon guru vokasional cenderung mengutamakan pendekatan berbasis keahlian dan struktur pembelajaran yang ketat, sementara pendekatan yang mendorong kemandirian siswa masih minim. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menyeimbangkan gaya mengajar agar lebih mendukung pembelajaran aktif dan mandiri. Pelatihan tambahan direkomendasikan guna meningkatkan variasi gaya mengajar calon guru vokasional.

Published

2025-03-08

How to Cite

Nugroho, A. H. ., Iriani, T. ., & Handoyo, S. S. . (2025). Analisis Gaya Mengajar Calon Guru Vokasional Jurusan Konstruksi Bangunan pada Praktik Keterampilan Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3016-3021. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7390