Analisis Penggunaan Aplikasi Artificial Intelligence (AI) sebagai Alat Bantu Penyelesaian Skripsi pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7391Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi artificial intelligence (AI) sebagai alat bantu dalam penyelesaian skripsi oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan explaratory factor analysis dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AI dapat diklasifikasikan ke dalam tujuh kategori, yaitu penulisan, riset dan analisis, manajemen dokumen dan referensi, chatbot, ringkasan teks, parafrase dan penerjemah, serta pemeriksaan tata bahasa. ChatGPT menjadi aplikasi yang paling sering digunakan mahasiswa dalam proses penyusunan skripsi. Secara umum, rata-rata tingkat pengetahuan mahasiswa tentang aplikasi AI sebesar 53% berada dalam kategori “cukup”, sementara tingkat pemahamannya sebesar 47,93. Mayoritas mahasiswa telah menggunakan aplikasi AI selama 6–12 bulan dengan frekuensi beberapa kali dalam seminggu dan durasi penggunaan per sesi sekitar 1–2 jam. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi AI berperan dalam membantu mahasiswa menyelesaikan skripsi. Namun, masih diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menggunakan aplikasi AI, dengan tetap mematuhi prinsip etika akademik.