Peningkatan Pemahaman Konsep IPAS Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media ARCAPELA Berbasis Etnosains

Authors

  • Denna Aji Prameisthi Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7398

Abstract

Pemahaman konsep berperan penting dalam pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPAS. Siswa yang memahami konsep dengan baik tidak hanya menghafal, tetapi juga dapat menghubungkannya dengan situasi nyata. Tingkat pemahaman konsep IPAS siswa kelas V SDN 2 Gidangelo masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata hanya sebesar 49,5 dari Duapuluh dua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berapa besar peningkatan pemahaman konsep IPAS siswa kelas V SDN 2 Gidangelo dengan menerapkan Model Project Based Learning berbantuan media ARCAPELA berbasis etnosains. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes tertulis, kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26 dengan uji normalitas Shapiro-Wilk, Paired Sample T-Test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam pemahaman konsep setelah penerapan model pembelajaran, dengan peningkatan sebesar 0,61 yang termasuk pada kategori sedang atau sebesar 61,75%, yang tergolong cukup efektif. Dengan demikian, model Project Based Learning berbantuan media ARCAPELA berbasis etnosains terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa kelas V SDN 2 Gidangelo.

Published

2025-03-04

How to Cite

Prameisthi, D. A. ., Masfuah, S. ., & Fardani, M. A. . (2025). Peningkatan Pemahaman Konsep IPAS Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media ARCAPELA Berbasis Etnosains. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2965-2974. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7398