Pengembangan Video Pembelajaran Wilayah NKRI untuk Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7402Abstract
Studi ini berfokus pada pengembangan video pembelajaran tentang Wilayah NKRI dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model ADDIE. Proses pengembangan melibatkan validasi ahli dan umpan balik dari siswa untuk menilai kualitas serta efektivitas video tersebut. Populasi target dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Darussalam, dengan sampel purposif sebanyak 30 siswa yang memberikan umpan balik. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi ahli, yang menilai aspek konten, desain, dan nilai edukatif video, serta kuesioner siswa yang mengukur aspek keterpakaian, keterlibatan, dan kejelasan materi. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa video memenuhi standar kelayakan yang tinggi, sementara umpan balik siswa menyoroti kejelasan dan daya tariknya, sehingga menunjukkan efektivitasnya sebagai media pembelajaran. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa video memiliki potensi kuat untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Pancasila serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam memahami Wilayah NKRI. Studi ini berkontribusi pada strategi inovatif dalam Pendidikan Pancasila berbasis media video.