Implementasi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan: A Systematic Literature Review

Authors

  • Puji Ambarwati Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Yuyun Rohmatul Uyun Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Fadilla Oktaviana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7403

Abstract

Dalam perkembangan zaman saat ini, pendidikan telah berkembang menjadi sebuah produk yang dikemas sebaik mungkin agar dapat menarik minat calon peserta didik. Meningkatnya jumlah lembaga pendidikan yang berdekatan satu sama lain menuntut setiap institusi untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan guna memiliki daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penerapan bauran pemasaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan di beberapa sekolah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur, yaitu dengan menelusuri data mengenai penerapan bauran pemasaran dalam peningkatan kualitas pendidikan berdasarkan hasil-hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen-elemen dalam bauran pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta mutu layanan dari berbagai aspek. Hal ini dapat memperkuat kepercayaan dan minat masyarakat sebagai pengguna layanan pendidikan. Penerapan bauran pemasaran dalam bidang pendidikan memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Published

2025-03-08

How to Cite

Ambarwati, P. ., Uyun, Y. R. ., & Oktaviana, F. . (2025). Implementasi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan: A Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3043-3050. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7403