Peningkatan Kemampuan Tata Rias melalui Video Tutorial pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung

Authors

  • Tasya Nurhaliza Pendidikan Luar Biasa, Indonesia
  • Ratna Tri Utami Univeritas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
  • Mai Suhetni Univeritas Muhammadiyah Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7404

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seorang siswa tunagrahita yang mengalami permasalahan kemampuan tata rias. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami instruksi verbal sehingga pekerjaan yang dikerjakannya masih belum diselesaikan dengan baik. Sedangkan setelah siswa mendapatkan bantuan media tutorial, siswa menjadi cukup baik dalam memahami instuksi verbal, meskipun hasil kerajinan tangan yang dibuat masih kurang rapi. Penelitian ini dilakukan dengan metode SSR A-B-A bertujuan menguji atau membuktikan apakah efektif dalam penggunaan media video tutorial untuk meningkatkan kemampuan tata rias bagi anak tunagrahita di kelas VIII SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung. Salah satu upaya SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung untuk meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran vokasional dalam kemampuan tata rias (make up) dengan menggunakan video tutorial. Media video tutorial dapat meningkatkan kemampuan tata rias pada siswa tunagrahita ringan. Demikian manfaat pembelajaran tata rias pada siswa tunagrahita kelas VIII SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung dengan menggunakan video tutorial oleh guru, bertujuan mengembangkan kemampuan siswa tunagrahita secara maksimal sehingga diharapkan kedepannya hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya diri karena dapat memperbaiki penampilan baik dan pembelajaran ini juga diharapkan dapat meyakinkan masyarakat bahwa anak berkebutuhan khusus juga menunjukkan kemampuan yang tidak kalah dengan individu pada umumnya.

Published

2025-03-09

How to Cite

Nurhaliza, T. ., Utami, R. T. ., & Suhetni, M. . (2025). Peningkatan Kemampuan Tata Rias melalui Video Tutorial pada Siswa Tunagrahita Kelas VIII di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3147-3153. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7404