Perbandingan Fondasi dan Filosofi Pendidikan Kristen dengan Metode Montessori dalam Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7405Abstract
Pendidikan adalah pilar penting dalam pembentukan karakter anak, dan filosofi yang mendasari metode pendidikan sangat memengaruhi cara seorang pendidik dalam mengajar. Di tengah beragam filosofi dan metode pendidikan yang ada, pendidik Kristen sering kali menghadapi kebingungan dalam memilih metode yang sesuai dengan nilai-nilai iman Kristiani. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan menganalisis fondasi serta filosofi pendidikan Kristen dengan metode Montessori dalam konteks pendidikan anak usia dini di jenjang Taman Kanak-kanak. Pendidikan Kristen memiliki dasar filosofi yang menekankan pengenalan akan Tuhan melalui Alkitab sebagai pusat pembelajaran, sementara metode Montessori lebih menekankan pada pengembangan diri anak melalui kebebasan, eksplorasi, dan pengalaman langsung. Keduanya menawarkan pendekatan yang berbeda dalam membentuk karakter dan perilaku anak, meskipun keduanya bertujuan untuk membimbing anak menuju perkembangan yang holistik. Pendidikan Kristen menekankan pentingnya nilai-nilai moral dan karakter ilahi yang bersumber dari Kristus, sementara Montessori lebih berfokus pada pembentukan karakter moral yang bersifat alami melalui pengalaman sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kesesuaian dan ketidaksesuaian antara filosofi kedua pendekatan tersebut, serta mencari titik temu yang memungkinkan penggabungan keduanya dalam pendidikan anak usia dini yang sesuai dengan nilai-nilai Kristen. Hasil analisis diharapkan memberikan wawasan bagi pendidik Kristen dalam merancang metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan spiritual dan moral anak, serta membantu mereka dalam memutuskan filosofi mana yang lebih tepat diterapkan dalam konteks pendidikan yang berlandaskan pada ajaran Alkitab.