Pengaruh Model Kooperatif dengan Strategi Student Teams Achievement Division terhadap Kemampuan Komunikasi dan Sikap Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 15 Ujung Kubu Kabupaten Batubara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7406Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas V SD Negeri 15 Ujung Kubu Kabupaten Batubara. Mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap sikap matematika siswa di kelas V SD Negeri 15 Ujung Kubu Kabupaten Batubara. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kuantittatif faktorial 2x2. Melalui desain ini akan dibandingkan pengaruh model pembelajaran STAD dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Matematika siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 54 orang terdiri dari 2 (dua) kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh pelaksanaan strategi pembelajaran STAD terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Terdapat pengaruh pelaksanaan strategi pembelajaran STAD terhadap sikap matematika siswa.