Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 18 Lalang Kabupaten Batubara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7407Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA siswa menggunakan penerapan model pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar IPA siswa menggunakan pembelajaran ekspositori, menganalisis perbedaan hasil belajar IPA siswa memiliki gaya belajar konvergen dengan hasil belajar IPA yang memiliki gaya belajar divergen, dan untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa di kelas V SD Negeri 18 Lalang Kabupaten Batubara. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kuantittatif faktorial 2x2. Melalui desain ini akan dibandingkan pengaruh model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari gaya belajar konvergen, divergen. Sampel ditetapkan sebanyak 52 orang terdiri dari 2 (dua) kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasy eksperimen. Hasil belajar siswa IPA siswa lebih tinggi dengan menggunakan model kontekstual dibanding dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hasil belajar siswa IPA siswa memiliki gaya belajar konvergen lebih tinggi dibanding dengan siswa memiliki gaya belajar divergen. Berdasarkan hasil uji Anava diketahui bahwa diketahui harga sig=0,023. Karena hasil hitung sig=0,023<sig=0,05 maka dapat dikemukakan kesimpulan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya belajar dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.