Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Negeri Lima Puluh kota Kabupaten Batubara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.7408Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model problem based learning, menganalisis perbedaan hasil belajar IPA siswa memiliki gaya belajar visual dengan memiliki gaya belajar kinestetik, dan untuk menganalisis interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa di SD Negeri 15 Lima Puluh Kota Kabupaten Batubara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kuantittatif faktorial 2x2. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasy eksperimen. Hasil penelitian dikemukakan bahwa perolehan hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Hasil belajar IPA siswa menggunakan model inkuiri terbimbing memperoleh nilai rata-rata sebesar adalah 89,31, sedangkan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 84,79. Hasil belajar siswa memiliki gaya belajar visual lebih baik daripada siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Siswa memiliki gaya belajar visual memperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPA sebesar 89,76, sedangkan hasil belajar IPA siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,34. Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengarui hasil belajar IPA siswa teruji kebenarannya. Hasil uji Anava 2x2 membuktikan bahwa harga sig=0,023 sehingga hasil hitung sig=0,023<sig=0,05.