Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Qr Code Kebudayaan Lokal Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7413Abstract
Kurangnya keterampilan menulis pada mata pembelajaran bahasa indonesia dikarenakan kurangnya inovasi media pembelajaran. Media pembelajaran yang kurang menarik dapat menyulitkan siswa dalam memahami materi. Kualitas pembelajaran yang sangat dipengaruhi dalam media yang kurang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas V SDN Jatimulyo dalam menulis teks eksplanasi. Media pembelajaran tersebut dikembangkan menggunakan media Scrapbook berbasis Qr-Code. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode antara lain wawancara, observasi,dokumentasi, dan angket. Validator ahli media dan ahli materi melakukan penelitian terhadap uji coba produk. Hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa keduanya memiliki skor sangat layak sebesar 97% dan 91,66%. Hasil uji N-Gain sebelum dan sesudah pembelajaran menunjukkan hasil sebesar 0,6064 termasuk dalam kategori sedang, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran digunakan dengan efektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media Scrapbook berbasis Qr-code sangat layak dan efektif. Media pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menulis teks eksplanasi.