Pengembangan Media Pembelajaran Frabo (Fraction Book) Berbasis Website untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bilangan Pecahan Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas V

Bahasa Indonesia

Authors

  • Walidatun Ni’mah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Yuli Witanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7414

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menjabarkan metode pengembangan media Frabo berbasis web yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas V, 2) Menguji kelayakan media Frabo berbasis website. dan 3) Menguji keefektifan media Frabo berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa mapel matematika kelas V. Penelitian ini menggunakan metode uji kelayakan dengan melibatkan para ahli serta uji efektivitas menggunakan pretest dan posttest. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Media Frabo disusun dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dan divalidasi oleh para ahli menggunakan expert judgement. Media Frabo diuji coba pada kelompok kecil berjumlah 6 peserta didik kelas V di SDN 05 Kandangmas, dan kemudian diimplementasikan pada kelompok besar berjumlah 25 peserta didik. Hasil evaluasi dari para ahli menunjukkan bahwa media Frabo layak digunakan dengan persentase validitas rata rata 87% yang termasuk kategori sangat layak. Uji kepraktisan oleh guru dan peserta didik pada kelompok kecil menunjukkan nilai rata-rata sebesar 87% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Uji efektivitas menunjukkan bahwa media Frabo efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas V, dengan rata-rata NGain yang diperoleh masuk dalam kategori efektif.

Published

2025-03-08

How to Cite

Ni’mah, W. ., & Witanto, Y. . (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Frabo (Fraction Book) Berbasis Website untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bilangan Pecahan Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas V : Bahasa Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3100-3106. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7414