Mediasi Organizational Culture, Organizational Citizenship Behavior, Self-Efficacy dalam Pengaruh Transformational Leadership terhadap Teacher Performance

Authors

  • Fico Polii Yayasan Eben Haezar, Indonesia
  • Ardi Kho Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7415

Abstract

Perkembangan pendidikan era digital saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan untuk beradaptasi. Guru dapat beradaptasi dengan budaya organisasi sebagai dasar yang kuat dalam mendukung peningkatan kinerja guru. Faktor yang mempengaruhi peningktan kinerja guru adalah self-efficacy dan organizational citizenship behavior. Pemimpin sekolah diharapkan dapat mengatasi masalah terkait kinerja guru dengan menerapkan kepemimpinan transformasional. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh transformational leadership terhadap teacher performance dengan mediasi organizational culture, organizational citizenship behavior dan self-efficacy. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik PLS-SEM. Kuesioner berjumlah 49 pernyataan yang disebarkan kepada 69 guru di SD Eben Haezar Manado. Hasil penelitian yang diperoleh memperlihatkan bahwa secara langsung transformational leadership berpengaruh negatif terhadap teacher performance. Sementara itu ketika dimediasi oleh organizational culture, organizational citizenship behavior dan self-efficacy maka transformational leadership berpengaruh positif terhadap teacher performance.

Published

2025-03-09

How to Cite

Polii, F. ., & Kho, A. . (2025). Mediasi Organizational Culture, Organizational Citizenship Behavior, Self-Efficacy dalam Pengaruh Transformational Leadership terhadap Teacher Performance. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3125-3131. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7415