Peran Interaction Orientation dalam Mendorong Pembelian Impulsif pada Konsumen Live-Streaming
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7417Abstract
Tren live streaming dalam e-commerce telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia sebagai hasil dari kemampuannya untuk memotivasi pembelian konsumen. Pengalaman pembelian online sering kali ditingkatkan melalui pengenalan berbagai inovasi fitur dan inisiatif. Salah satu strategi tersebut adalah interaksi pribadi yang disediakan oleh streamer. Penelitian ini menyelidiki dampak personalisasi pada pembelian konsumen di e-commerce live-streaming Shopee, sebagai hasil dari visi konsumsi dan interaksi parasosial, dengan menggunakan paradigma stimulus-organisme-respons. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa pembelian impulsif dapat dipengaruhi oleh gaya komunikasi individu dengan membangun ilusi keintiman antara pembawa acara dan pengamat dan dengan memberikan visi konsumsi di masa depan. Dalam penelitian ini, survei online diberikan kepada 119 responden yang telah menonton live-streaming Shopee setidaknya satu kali pada bulan sebelumnya. Purposive sampling diimplementasikan untuk mengumpulkan data, dan SEM-PLS diimplementasikan untuk memproses data.