Peran Interaction Orientation dalam Mendorong Pembelian Impulsif pada Konsumen Live-Streaming

Authors

  • Nimas Anggita Iddo Driantami Universitas Airlangga, Indonesia
  • Nur Habiba Zain Universitas Airlangga, Indonesia
  • Sri Hartini Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7417

Abstract

Tren live streaming dalam e-commerce telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia sebagai hasil dari kemampuannya untuk memotivasi pembelian konsumen. Pengalaman pembelian online sering kali ditingkatkan melalui pengenalan berbagai inovasi fitur dan inisiatif. Salah satu strategi tersebut adalah interaksi pribadi yang disediakan oleh streamer. Penelitian ini menyelidiki dampak personalisasi pada pembelian konsumen di e-commerce live-streaming Shopee, sebagai hasil dari visi konsumsi dan interaksi parasosial, dengan menggunakan paradigma stimulus-organisme-respons. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa pembelian impulsif dapat dipengaruhi oleh gaya komunikasi individu dengan membangun ilusi keintiman antara pembawa acara dan pengamat dan dengan memberikan visi konsumsi di masa depan. Dalam penelitian ini, survei online diberikan kepada 119 responden yang telah menonton live-streaming Shopee setidaknya satu kali pada bulan sebelumnya. Purposive sampling diimplementasikan untuk mengumpulkan data, dan SEM-PLS diimplementasikan untuk memproses data.

Published

2025-03-12

How to Cite

Driantami, N. A. I. ., Zain, N. H. ., & Hartini, S. . (2025). Peran Interaction Orientation dalam Mendorong Pembelian Impulsif pada Konsumen Live-Streaming. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3529-3534. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7417