Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7419Abstract
Penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar memerlukan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan agar sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepala sekolah menjalankan perannya dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka serta faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di Sekolah Dasar Negeri Banyumanik 04 Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan strategi kepemimpinan yang fokus pada kolaborasi, penguatan budaya literasi, dan pengoptimalan peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi. Meskipun ada tantangan, seperti resistensi terhadap perubahan dari para pendidik dan kurangnya pemahaman awal tentang konsep Kurikulum Merdeka, kepala sekolah berhasil mengatasi hambatan tersebut melalui pelatihan guru, pengelolaan sumber daya sekolah yang efisien, dan pengawasan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan krusial dalam memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar.