Implementasi Kampus Mengajar 7 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar

Authors

  • Mega Berliana Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Prasena Arisyanto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Lina Putriyanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7430

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Program Kampus Mengajar 7 dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa di SDN Karangtempel, Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program kerja Kampus Mengajar 7 di SDN Karangtempel, faktor pendukung dan hambatan dalam impelentasi program, dan rekomendasi penyempurnaan program dan pengembangan lebih lanjut. Melalui metode penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berbagai progam kerja seperti literasi bersama perpustakaan daerah kota Semarang, limas (literasi 15 menit), akli (akademi literasi), donasi buku, P3 (pengelolaan dan pemanfaatan perpustakaan), petualangan literasi numerasi, pembuatan permainan ular tangga literasi numerasi, dan pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (akm). Beberapa hambatan dalam implementasi mencakup jadwal waktu pelaksanaan program, keterbatasan sarana dan prasarana. Rekomendasi perbaikan dan pengembangan program antara lain peningkatan koordinasi yang lebih baik dengan sekolah, peningkatan sarana dan prasarana, serta evaluasi program secara berkala. Program Kampus Mengajar 7 di SDN Karangtempel telah menunjukkan potensi untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah dasar.

Published

2025-03-11

How to Cite

Berliana, M., Prasena, P. A., & Lina, L. P. (2025). Implementasi Kampus Mengajar 7 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3429-3439. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7430