Pengaruh Penggunaan Gamification Berbasis Quizalize terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Simbol Keragaman Agama

Authors

  • Ummi Amila Sholiha Marpaung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Ismail Saleh Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • M. Afiv Toni Suhendra Saragih Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7434

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia yang mempengaruhi cara berpikir dan langkah ke depan. Namun, di Indonesia, kualitas pendidikan masih menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran berbasis gamification menggunakan platform Quizalize, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dimana dalam penelitian ini dirancang suatu tes pilihan berganda yang dikemas dalam sebuah web gamification berbasis quizalize untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas di kelas 3 Sanggar Belajar Pandan, Malaysia. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t_hitung sebesar 3,579 > t_tabel (0,632), serta nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gamification berbasis quizalize berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Published

2025-03-08

How to Cite

Marpaung, U. A. S. ., Nasution, I. S. ., & Saragih, M. A. T. S. . (2025). Pengaruh Penggunaan Gamification Berbasis Quizalize terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Simbol Keragaman Agama. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3223-3228. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7434