Pemanfaatan Limbah Sebagai Energi Terbarukan: Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelantah untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Energi Alternatif

Authors

  • Nurul Fitria Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Okimustava Okimustava Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7436

Abstract

Minyak jelantah merupakan salah satu limbah rumah tangga yang sering dibuang sembarangan tanpa pengolahan lebih lanjut, padahal memiliki potensi sebagai energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan minyak jelantah melalui pelatihan pembuatan lilin aromaterapi di Desa Wonokerti, Dukuh Pelem, Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket Skala Likert, wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan praktek langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pelatihan, mayoritas masyarakat tidak memiliki kesadaran akan dampak negatif pembuangan minyak jelantah serta tidak mengetahui cara memanfaatkannya. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan kesadaran dan keterampilan masyarakat yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor angket pada indikator kesadaran lingkungan (50%), pemahaman energi alternatif (45.16%), minat terhadap pemanfaatan minyak jelantah (60%), dan kemampuan membuat lilin aromaterapi (95.45%). Hasil wawancara dan observasi juga menunjukkan bahwa setelah pelatihan, beberapa warga mulai mengumpulkan minyak jelantah untuk diolah menjadi lilin serta mempertimbangkan potensi ekonomi dari produk tersebut. Selain itu, edukasi yang diberikan melalui pelatihan ini terbukti mudah dipahami oleh masyarakat, dan efektif dalam meningkatkan kesadaran Masyarakat terhadap limbah minyak jelantah.

Published

2025-03-09

How to Cite

Fitria, N., & Okimustava, O. (2025). Pemanfaatan Limbah Sebagai Energi Terbarukan: Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelantah untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat terhadap Energi Alternatif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3237-3242. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7436