Pengembangan Buku Ajar Berbantuan Aplikasi Navionics untuk Meningkatkan Kemampuan Bergotong-Royong dan Bernalar Kritis Peserta Didik pada Materi Garis dan Sudut di Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7438Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar berbantuan aplikasi Navionics pada materi garis dan sudut untuk meningkatkan kemampuan bergotong-royong dan bernalar kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) menurut Thiagarajan et al. (1974). Proses penelitian mencakup analisis kebutuhan, pengembangan rancangan awal buku ajar, validasi oleh ahli, dan uji coba pada dua guru dan dua belas peserta didik di SMP N 4 Kepulauan Karimata. Hasil penelitian menunjukkan buku ajar memiliki validitas tinggi (86%) dan kepraktisan yang sangat baik (81%). Integrasi teknologi Navionics memungkinkan peserta didik belajar melalui pengalaman nyata, seperti memetakan jalur dan memahami konsep navigasi. Buku ajar ini juga efektif dalam mendorong pembelajaran berbasis proyek yang melatih kolaborasi dan analisis kritis. Namun, diperlukan penguatan pada dimensi bernalar kritis dengan menambahkan latihan dan studi kasus lebih mendalam. Penelitian ini merekomendasikan uji coba lebih luas dan promosi melalui seminar serta publikasi ilmiah untuk memperluas dampak. Buku ajar berbasis teknologi ini berpotensi menjadi model inovasi pembelajaran kontekstual yang relevan dengan tantangan abad ke-21, khususnya di daerah terpencil.