Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa melalui Parade Budaya pada Pembelajaran IPAS
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7444Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang kreatif dalam kegiatan belajar sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif. Kreativitas merupakan kemampuan untuk mengembangkan suatu ide baru dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Dengan menggunakan model pembelajaran ini siswa dapat meningkatkan kreativitas belajar karena model pembelajaran ini siswa sebagai pusat pembelajaran untuk mendorong dan terliabat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan Project Based Learning melalui kegiatan Parade Budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan Nonequivalent Control Grup Desain. Sampel yang digunakan berjumlah 60 siswa, kelas IV A 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B 30 siswa sebagai kelas kontrol. Didapatkan hasil N-Gain skor pada kelas eksperimen sebesar 0,40 dikategorikan sedang dan kelas kontrol sebesar 0,30 dikategorikan rendah. Kelas eksperimen memiliki rata-rata nila post-test sebesar 77,87 dan kelas kontrol rata-rata nilai posttest sebesar 70,57. Selisih perbedaan nilai rata-rata posttest tersebut sebesar 7,30 dengan t-hitung 4,005 dan f-hitung 0,012 serta nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima dapat diartikan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa.