Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Diferensiasi Kurikulum Merdeka Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 1 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta

Authors

  • Vina Lestari Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Anisah Anisah Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Diferensiasi Kurikulum merdeka program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Jakarta yaitu SMKN 1 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methods) desain konvergen. Teknik penggumpulan data menggunakan Observasi, Kuesioner, Wawancara dan dokumentasi. Penelitian menggunakan sampel Guru dan siswa kelas X DPIB dengan total keseluruhan sampel berjumlah 125 siswa. Pelaksanaan Pembelajaran Diferensiasi Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta diukur berdasarkan 4 komponen yaitu Diferensiasi Konten/isi,  Diferensiasi proses, Diferensiasi Produk, dan Diferensiasi Lingkungan Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran diferensiasi di SMKN 1 Jakarta lebih baik dibandingkan SMKN 35 Jakarta, terutama dalam integrasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Faktor internal seperti penerapan Kurikulum Merdeka, kompetensi guru, dan kesiapan siswa, serta faktor eksternal seperti sarana prasarana dan dukungan sekolah, berperan penting dalam keberhasilan implementasi diferensiasi. Hambatan yang ditemukan meliputi keterbatasan alat peraga dan teknologi, materi ajar yang kurang fleksibel, rasio siswa-guru yang tinggi, dan kurangnya pelatihan guru. Untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi, diperlukan peningkatan anggaran untuk sarana pembelajaran, pengembangan materi berbasis proyek, pemanfaatan teknologi digital, pelatihan guru berkelanjutan, dan kolaborasi dengan industri serta lembaga eksternal. Investasi dalam pengembangan sarana dan prasarana juga krusial untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Published

2025-03-09

How to Cite

Lestari, V. ., Iriani, T. ., & Anisah, A. (2025). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Diferensiasi Kurikulum Merdeka Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 1 Jakarta dan SMKN 35 Jakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3243-3248. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7445