Hubungan Antara Hasil Belajar Pelatihan BIM Menggunakan E-Learning terhadap Kemampuan Penerapan BIM di Proyek
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7446Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar pelatihan BIM menggunakan E-Learning terhadap kemampuan penerapan BIM di proyek. Penelitian ini didasari kebutuhan pengembangan materi pembelajaran BIM menggunakan E-Learning. Metode penelitian menggunakan Mix Methods, kombinasi analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini diawali dengan persiapan data nilai hasil belajar pelatihan BIM menggunakan E-Learning dan nilai kemampuan penerapan BIM di proyek dengan pendekatan Ex Post Facto. Analisis kuantitatif dengan analisis korelasi, uji t dan analisis koefisien determinasi. Analisis kualitatif dengan metode thematic analysis dari hasil wawancara kepada koordinator BIM dan Engineering. Hasil analisis korelasi Product Moment Pearson (r) sebesar 0,832 yang menunjukkan tingkat hubungan sangat positif. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 9,250 > ttabel yaitu 2,021 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pelatihan BIM terhadap kemampuan penerapan BIM di proyek. Hasil koefisien determinasi (R) menunjukkan kontribusi bersama sebesar 69,247%. Hasil wawancara kepada koordinator BIM dan Engineering menunjukkan bahwa hasil belajar pelatihan BIM memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan penerapan BIM di proyek dan materi pelatihan BIM menggunakan E-Learning sudah sesuai dengan pekerjaan BIM di proyek yang dibuktikan dengan tenaga kerja konstruksi dapat melaksanakan pekerjaan BIM di proyek. Dapat dinyatakan bahwa terdapat kesamaan antara hasil analisis data kuantitatif dengan data kualitatif yang menyatakan terdapat signifikan hubungan antara hasil belajar pelatihan BIM menggunakan E-Learning terhadap kemampuan penerapan BIM di proyek.