Analisis Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Menunjang Proses Pembelajaran di Kelas IX SMP Negeri 8 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7473Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam proses pembelajaran di kelas IX SMP Negeri 8 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui survei menggunakan Google Form, wawancara dengan siswa dan guru, serta observasi langsung di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87,40% siswa telah menggunakan AI untuk membantu menyelesaikan tugas, terutama pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. AI memberikan manfaat berupa akses cepat ke materi, penjelasan interaktif, dan solusi untuk soal-soal kompleks. Namun, tantangan seperti ketergantungan pada teknologi, dan menurunnya kemampuan berpikir kritis juga ditemukan. Sebagai rekomendasi, sekolah perlu melatih guru untuk memanfaatkan AI secara efektif serta memberikan pembimbingan kepada siswa terkait penggunaan teknologi secara etis. Peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi pengembangan program literasi digital dan dampak jangka panjang AI pada pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan.