Strategi Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMK Karsa Mulya Kota Palangka Raya

Authors

  • Dina Fahri Yani Safitri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • M. Ali Sibram Malisi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Saudah Saudah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7475

Abstract

Pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa, termasuk dalam menanamkan nilai disiplin. Selain sebagai sarana pengembangan intelektual, pendidikan juga menjadi wadah utama dalam membangun moralitas serta sikap bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat. SMK Karsa Mulya menghadapi tantangan dalam menanamkan nilai disiplin di kalangan siswa, meskipun aspek ini telah diintegrasikan dalam kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembentukan karakter disiplin siswa melalui berbagai pendekatan dalam proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan disiplin di sekolah masih menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya ketepatan waktu, ketidaktertiban dalam berpakaian, serta rendahnya kesadaran akademik. Peran guru sangat penting dalam membentuk karakter siswa melalui metode pembelajaran yang mengutamakan nilai moral serta pembiasaan sikap disiplin dalam lingkungan sekolah. Selain itu, strategi pembentukan karakter disiplin dapat diperkuat melalui kegiatan ekstrakurikuler yang memberikan ruang bagi siswa untuk melatih tanggung jawab, kepemimpinan, serta keteraturan dalam menjalankan tugas dan kewajiban. Dengan pendekatan yang efektif dan berkelanjutan, diharapkan siswa tidak hanya memahami pentingnya disiplin, tetapi juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari karakter yang melekat dalam diri mereka.

Published

2025-03-09

How to Cite

Safitri, D. F. Y. ., Malisi, M. A. S. ., & Saudah, S. (2025). Strategi Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMK Karsa Mulya Kota Palangka Raya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3291-3296. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7475