Aktualisasi Pemimpin Asertif dalam Optimalisasi Kinerja Pendidik di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7476Abstract
Penelitian ini mengkaji peran pemimpin asertif dalam meningkatkan kinerja pendidik di Islamic Boarding School Padepokan Kyai Mudrikah Kembang Kuning Pamekasan. Dalam konteks pendidikan, kepemimpinan yang efektif sangat krusial untuk mendorong perkembangan peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kepemimpinan asertif dan mengeksplorasi mekanisme yang digunakan oleh pemimpin dalam mengoptimalkan kinerja pendidik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin asertif mampu menyampaikan visi dan keputusan secara tegas sekaligus menghargai kontribusi pendidik, menciptakan komunikasi yang efektif, dan mengatasi konflik secara konstruktif. Selain itu, pendekatan kepemimpinan ini berkontribusi pada peningkatan motivasi, keterlibatan, dan inovasi dalam pengajaran oleh pendidik. Temuan ini menunjukkan bahwa pemimpin asertif tidak hanya berpengaruh pada kinerja individu tetapi juga menciptakan budaya kerja yang positif di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan praktik kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam, serta memperkaya literatur mengenai kepemimpinan asertif dalam konteks pendidikan, terutama di sekolah-sekolah berbasis pesantren.