Pengembangan Media Gafemasosbud (Gambar Fenomena Alam Sosial Budaya) Berbasis Macromedia Flash 8 untuk Peningkatan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.7487Abstract
Minimnya media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8, serta mengetahui kelayakan dan keefektifan media Gambar Fenomena Alam Sosial Budaya (Gafemasosbud) pada materi menulis teks eksplanasi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa SD Negeri Awu-Awu Kabupaten Purworejo uji kelompok besar dan sampel berjumlah 9 siswa dengan teknik purposive sampling. Pelaksanaan penelitian pada bulan Desember 2024 sampai Januari 2025. Variabelnya adalah media Gafemasosbud berbasis macromedia flash 8 dan hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Awu-Awu Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan test (pretest dan posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normaltas (Shapiro Wilk), uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil analisis kelayakan media Gafemasosbud dikategorikan sangat layak dengan presentase 90% ahli media, 94% ahli materi, 94% ahli Bahasa, tanggapan guru 96%, dan 98% tanggapan siswa. Hasil analisis keefektifan media melalui uji t-test berpasangan menunjukan nilai signifikasi 0,000, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 51,66 dan rata-rata nilai posttest sebesar 89,04. Skor N-Gain diperoleh 0,76 menunjukan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan pengembangan media Gafemasosbud sangat layak untuk pembelajaran.