Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pernafasan Manusia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7492Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN 6 Tahunan. Subyek dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas V SDN 6 Tahunan. Design penelitian ini menggunakan design one group pre-test and post-tes. Analisis uji data post-test menggunakan Uji T (Paired Sample T-test). Hasil Uji T diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai ? sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dengan melihat tabel kriteria pengambilan keputusan, jika H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk mengetahui terdapat pengaruh dilakukan uji F, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 dengan nilai Fhitung = 17,100. Dan, nilai ? sebesar 0,000 yang artinya nilai signifikan < 0,05 atau 0,000 <0,05. Sehingga hasil analisis olah data menunjukkan variable (X) berpengaruh terhadap variable (Y). Dengan demikian model pembelajaran problem based learning terdapat pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.