Pengembangan Bahan Ajar Digital Teks Prosedur Berbantuan Canva untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mengembangkan bahan ajar digital teks prosedur berbantuan canva agar siswa lebih tertarik dalam memahami pembelajaran teks prosedur itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang berjudul Pengembangan Bahan Ajar Digital Teks Prosedur Berbantuan Canva Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yakni, metode yang menggunakan lima fase, (a) Analysis (Tahap Analisis), (b) Design (Tahap Perancangan), (c) Development (Tahap Pengembangan), (d) Implementation (Tahap Uji Coba), (e) Evaluation (Tahap Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Pekanbaru dengan subjek penelitian siswa kelas VII sebanyak 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan angket analisis kebutuhan siswa, angket validasi oleh validator dan uji coba (uji terbatas). Dapat disimpulkan bahan ajar digital teks prosedur berbantuan canva untuk siswa sekolah menengah pertama sangat layak dan potensial untuk digunakan dalam pembelajaran teks prosedur.

Published

2025-03-03

How to Cite

Pengembangan Bahan Ajar Digital Teks Prosedur Berbantuan Canva untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. (2025). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2862-2874. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7500