Pengaruh Komik Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS: Studi Kualitatif
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7501Abstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan komik sebagai media pembelajaran dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan dampaknya terhadap pemahaman, motivasi, dan keterlibatan siswa. Berdasarkan analisis literatur dari studi terdahulu seperti Sani et al. (2022), ?entürk & ?im?ek (2021), dan Senen et al. (2021), penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam pengaruh komik dalam pembelajaran IPS. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis literatur, penelitian ini menyelidiki berbagai perspektif yang ada mengenai penggunaan komik dalam pendidikan IPS, termasuk tantangan dan strategi dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, motivasi belajar, dan keterlibatan dalam materi pelajaran. Namun, efektivitasnya bergantung pada pemilihan materi yang tepat dan integrasi yang efektif ke dalam kurikulum, serta pelatihan guru. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan panduan komprehensif untuk pemilihan dan penggunaan komik dalam pembelajaran IPS serta penyelenggaraan pelatihan bagi guru. Kesimpulan penelitian ini menawarkan perspektif baru dalam penggunaan komik sebagai alat pembelajaran inovatif, dengan potensi besar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pendidikan IPS.