Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Diniyah

Authors

  • Moh. Rifa’I Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia
  • Ali Samsi Universitas Nurul Jadid Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan metode pembelajaran Flipped Classroom terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Nahdlatul Fityan Mangaran Situbondo. Flipped Classroom adalah pendekatan yang mengubah cara belajar tradisional dengan memindahkan kegiatan pengajaran materi ke luar kelas melalui teknologi, sedangkan waktu di kelas lebih difokuskan pada diskusi dan aplikasi materi. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diterapkan dengan metode Flipped Classroom dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Flipped Classroom dibandingkan dengan metode konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode Flipped Classroom dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Nahdlatul Fityan Mangaran Situbondo, yang berpengaruh positif terhadap proses dan hasil pembelajaran siswa.

Published

2025-03-03

How to Cite

Rifa’I, M., & Samsi, A. . (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Diniyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2888-2894. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7502