Penerapan Metode Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Sumber Bunga

Authors

  • Feriska Listrianti Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Putri Inayah Universitas Nurul Jadid, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7504

Abstract

Pembelajaran agama islam merupakan bagian yang sangat penting dari suatu lembaga pendidikan islam, dengan mengikuti arus zaman dan teknologi yang semakin merajalela, pendidikan dan semua komponen dalam lembaga pendidikan dituntut untuk melakukan pengembangan terhadap pembelajaran agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode kooperatif learning tipe Think Pair Share dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Sumber Bunga, mengingat bahwa banyak siswa kelas XI di SMK Sumber Bunga memiliki motivasi belajar yang rendah sehingga mengakibatkan hasil belajar yang menurun, maka dibutuhkan metode pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share untuk menciptakan suasan kelas menjadi lebih aktif. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas dan wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XI SMK Sumber Bunga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan Penerapan Metode Kooperatif learning Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran PAI di SMK Sumber Bunga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang semakin meningkat. Dengan penelitian ini diharapkan menjadi alat bantu kepada guru dalam menyiapkan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Published

2025-03-03

How to Cite

Listrianti, F. ., & Inayah, P. . (2025). Penerapan Metode Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Sumber Bunga. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2928-2936. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7504