Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Kelas 1
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7508Abstract
Studi kualitatif ini meneliti implementasi program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri Banjarsari, kelas 1 Fase A. Evaluasi ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Temuan mengungkapkan relevansi P5 dengan kurikulum merdeka dan kebutuhan pengembangan karakter siswa, didukung oleh keterlibatan yang kuat dari guru, siswa, dan orang tua. Proses implementasi terbukti efektif, dibuktikan dengan antusiasme siswa dan keberhasilan pembuatan ecobrick dan penanaman sayuran. Terlepas dari keberhasilan penyelesaian proyek, kendala seperti renovasi sekolah yang sedang berlangsung menyoroti kebutuhan akan peningkatan fasilitas dan infrastruktur untuk memastikan keberlanjutan program. P5 berhasil mencapai sebagian besar tujuan, khususnya menanamkan nilai-nilai Pancasila. Untuk lebih meningkatkan program, studi ini merekomendasikan prioritas pada peningkatan fasilitas dan pengembangan strategi yang ditargetkan untuk memperkuat pemahaman konseptual siswa tentang P5.